Valentine’s Day

Valentine's Day

Setiap tanggal 14 Februari kebanyakkkan orang terutama kaum muda merayakan hari Velentine. Ada banyak cerita atau legenda dibalik perayaan hari kasih sayang ini. Semuanya, sangat minim informasi dan tidak ada bukti sejarah yang memadai untuk menyatakan bahwa itu fakta. Di sini saya akan menjelaskan beberapa cerita umum tentang hari kasih sayang yang dikaitkan dengan agama Katolik. Sekali lagi, apakah ini fakta atau tidak blm bisa dibuktikan secara akurat.
Berdasarkan buku “Acta Sanctorum” kehidupan para orang suci yang terbit awal tahun 1643, ada tiga orang kudus yang bernama Valentine. Buku itu ditulis oleh para Bollandist, yakni para biarawan asal Belgia yang melayani Tuhan dengan cara menngumpulkan bukti-bukti kehidupan para kudus dari manuskrip yang terkenal di seluruh dunia.
Menurut buku itu, pada tanggal 14 Februari Gereja Katolik, memeringati St Valentine. Ada tiga yang bernama valentine. Ketiganya sama-sama meninggal karena iman mereka kepada Yesus Kristus atau yang sering kita sebut martir.

St Valentinus yang pertama meninggal di Afrika. Dia meninggal bersama dengan 24 tentara. Tentang Valentinus yang satu ini, sangat minim info atau cerita tentangnya.
Kemudian ada St Valentinus dari Terni. Dia ditahbiskan menjadi uskup Terni pada tahun 197 oleh Paus St. Viktor I. Atas perintah Prefek Plasidus, ia ditangkap, didera, dan dipenggal kepalanya, dalam masa penganiayaan Kaisar Klaudius II.
Terakhir, St Valentine dari Roma. Dia adalah seorang dokter sekaligus seorang imam Gereja Katolik. Ia menolak dekrit dari Kaisar Klaudius II yang melarang pernikahan di Roma selama masa perang. Ia menolak karena merasa kasihan dengan para pria dan wanita yang sudah saling mencintai. Oleh karena itu, ia diam-diam menikahkah mereka.

Tidak lama kemudian, pelayanan kasihnya ini, diketahui oleh Kaisar. Dia ditangkap dan dipenjara. Dia dijatuhi hukuman mati dengan disiksa dan akhirnya dipenggal pada tanggal 14 Februari 269 di Via Flaminia. Untuk menghormati St Valentinus dari Roma, Paus Santo Julius I membangun sebuah gereja dekat Ponte Mole.
Kemudian pada tahun 496, Paus Gelasius I secara resmi menetapkan Pesta St. Valentinus yang jatuh pada tanggal 14 Februari. Pesta yang dimaksud di sini adalah pesta liturgi/ibadah Gereja. Dalam liturgi agama Katolik, secara umum dibedakan menjadi 4 tingkatan perayaan liturgi: Hari Raya, Pesta, peringatan dan masa biasa. Sejak saat itu, setiap tanggal 14 Februari Gereja Katolik secara liturgi merayakan pesta St Valentine. Akan tetapi, mulai tahun 1969 sampai sekarang, Gereja Katolik tidak lagi memasukkannya ke dalam liturgi Gereja. Itu dikarena, tidak ada info atau bukti yang cukup tentang kehidupan seorang yang bernama Valentine. Sekarang ini, setiap tgl 14 Februari secara liturgi orang Katolik memperingati St. Syrilus dan Metodius, Uskup dan Rahib. Ini tidak ada kaitannya dengan hari Valentine.

Lalu apakah orang Katolik boleh merayakan valentine secara sekuler ? boleh, karena inti dari velntine adalah perayaan kasih sayang. Kasih adalah dasar ajaran Iman katolik. Yesus memerintahkan kita untuk mengasihi Tuhan, sesama dan diri sendiri (Mat 22: 37-39). bahkan Yesus meminta kita, untuk mengasihi musuh kita (Mat 5:44). Hari Valentine Justru menjadi kesempatan yang bagus untuk menunjukkan Kasih yang konkrit kepada sesama. Kasih sangat luas, bukan hanya kasih antar pasangan, tetapi juga kasih kepada Tuhan, orang tua, sahabat, guru dan diri sendiri.
Bagaimana kita harus merayakannya ?
Perayaan yang salah:
Memeras pasangan
Melakukan persetubuhan diluar nikah
Pesta pora atau mabuk-mabukkan
Yang seharusnya:
Berdoa bersama
Membantu/berderma
Memulihkan relasi yang sempat tidak baik (berdamai)
Tukar kado
Dan cara2 yg positif bagi kita sesama dan Tuhan.
Semoga di hari kasih sayang ini, kasih kita kepada Yesus Kristus semakin besar, kasih kepada sesama semakin tulus dan kasih kepada diri sendiri makin mendalam. Tuhan memberkati kita semua. Amin

Balikpapan
Rm Norbertus Soleman, OMI.

2 komentar pada “Valentine’s Day”

  1. Mantap .penuh inspirasi utkku .trimakasih atas ceritanya yg membuatku mengerti ttg hari valentine day 14 februari.smoga sy lebih mencintai Tuhan,keluarga sesama dan musuhku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.